Cara menulis artikel di Blogger

Halo Sobat MI, Selamat datang kembali di blog HMJ Manajemen Informatika. Kalau saya tidak salah umur blog ini sudah hampir mendekati 3 tahun, namun blog ini belum mengalami peningkatan sama sekali dimana sampai artikel ini ditulis, blog HMJ MI baru memiliki 4 postingan dan dibaca sekitar 150 x , Rekor yang cukup mengecewakan apabila kita berpatokan pada umur blog kita ini. Lalu muncul pertanyaan “Kenapa bisa seperti itu?” Alasannya ada pada Sobat semua.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk membuat blog ini berkembang?

Kita mulai dari Penulis
Maju atau tidaknya sebuah blog tergantung penulis karna fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dan hal pertama yang menyebabkan blog kita ini tidak berkembang adalah kurangnya karya yang di publikasikan oleh penulis ke dalam blog ini. Lalu mucul pertanyaan “Bukannya yang selama ini memegang kendali terhadap blog HMJ MI adalah Admin, kenapa Admin berhenti menerbitkan tulisan di blog ini?”, Jawabannya ada di point selanjutnya.

Pembaca
Diawal artikel ini saya sudah menyebutkan bahwa semua artikel yang ada di blog ini selama 3 tahun terakhir baru dibaca sekitar 150 x dan itu sudah termasuk kunjungan admin sekitar 30x dalam kata lain admin menulis artikel, mempublis artikel, dan juga membaca artikel yang admin tulis sendiri. Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa Admin berhenti membagikan artikel di blog ini, karna untuk apa admin membuat suatu artikel untuk di pos kedalam blog yang sangat-sangat jarang dikunjungi (dibaca). Lalu mucul lagi pertanyaan “Admin kan tau, Blog ini adalah blog HMJ MI, dan isi artikel yang sebelumnya admin posting baru seputar HMJ MI, jadi tidak mungkin orang yang dari luar HMJ MI tertarik untuk membaca postingan di blog in?”, Saya akan jawab di poin selanjutnya.

Tidak adanya feedback dari pembaca
Ini adalah alasan paling kuat kenapa Admin berhenti menerbitkan tulisan di blog ini, memang pembaca yang sedikit juga menjadi alasan, tapi dengan adanya komentar berupa saran dan kritikan dari Sobat untuk setiap tulisan yang di publis, maka komentar dari Sobat tersebut  akan memotivasi penulis untuk membuat tulisan selanjutnya.

Kesimpulan
Blog HMJ Manajemen Informatika Membutuhkan support dari Sobat semua, baik itu berupa Karya tulis atau hanya sekedar membaca dan memberi kritik dan saran untuk artikel yang tampil di blog ini.
Note: Bagi Sobat yang memiliki hobby menulis dan berminat membagikan tulisannya di blog ini silahkan Rekan-rekan konfirmasi di Grup WA HMJ MI.

Mungkin ada dari Sobat yang ingin bergabung jadi pengarang di blog ini, namun tidak tau bagaimana cara memposting artikel di blog ini, jadi silahkan Sobat simak Tutorial memposting artikel di blog HMJ MI.
  • Pertama Sobat harus memiliki akses ke blog ini, baik sebagai pengarang maupun admin.
  • Jika Sobat sudah memiliki akses ke blog ini, misalnya akses sebagai pengarang, silahkan Rekan-rekan kunjungi website Blogger (www.blogger.com) atau Rekan-rekan bisa klik Disini. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Note: Saya sarankan Sobat mengakses website blogger melalui Laptop atau komputer.
Beranda Blogger
Tampilan Beranda Blogger
  • Silahkan Login dengan cara klik Masuk yang berada di pojok kanan atas, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
Klik Masuk
Klik Masuk
  • Maka akan muncul halaman Login, Silahkan sobat masukkan akun Gmail dan password sobat yang sudah memiliki akses ke blog ini.
  • Setelah berhasil Login maka akan mucul tampilan seperti gambar dibawah ini.
Entri Baru
Entri Baru
  • Klik Entri Baru untuk mulai menulis artikel (pada gambar di atas saya tandai dengan lingkaran dan panah merah). Maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini.
Halaman Kerja Blogger
Halaman Kerja Blogger
  • Untuk cara penggunaan saya akan jelaskan melalui gambar di bawah ini.
cara penggunaan
cara penggunaan
  1. Tempat untuk memasukkan judul artikel.
  2. Tempat menulis isi artikel.
  3. Memilih Jenis Font.
  4. Mengatur ukuran Text.
  5. Memasukkan link (URL sebagai ct www.abduhm7.com) ke dalam tulisan. ( contoh : tombol klik Disini yang ada di awal Artikel).
  6. Untuk memasukkan gambar ke dalam artikel.
  7. Memasukkan Vidio ke dalam artikel.
  8. Memilih emoji.
  9. Dan fitur lainnya hampir sama dengan yang ada di microsoft Word jadi tidak perlu lagi saya jelaskan.
  • Setelah mengetahui fitur-fitur umum pada halaman kerja Blogger, yang harus sobat lakukan selanjutnya adalah menulis artikel. (Note: Blogger pada umumnya menulis artikelnya terlebih dahulu di microsoft word, setelah tulisan selesai di buat baru di copy ke halaman kerja blogger (Tempat menulis Artikel, dan cara mengcopy-nya seperti yang biasa sobat lakukan di MS Word (menggunakan kombinasi ctrl + c dan ctrl + v)).
  • Dibawah ini adalah contoh ketika saya membuat artikel ini
contoh
Hanya Contoh 
  • Setelah sobat mengcopy tulisan sobat dan mengeditnya di halaman kerja blogger, yang harus sobat lakukan selanjutnya adalah meninjau artikel tersebut apa tampilannya sudah baik, dengan cara klik pratinjau di samping kanan. lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
tombol
Fungsi Button
  • Keterangan Gambar :
  1. Menampilkan Pratinjau.
  2. Menyimpan Artikel.
  3. Mempublikasikan Artikel.
  • Setelah selesai meninjau artikel yang sobat tulis, dan dirasa artikelnya sudah cukup baik, saatnya sobat mempublis artikel tersebut dengan cara tombol publikasikan (pada gambar di atas saya tandai dengan angka 3).
  • Selamat, Artikel sobat sudah di publis!!
Sekian tutorial tentang cara menulis artikel di blogger, Jangan lupa kritik dan sarannya sob! Sampai Jumpa di artikel berikutnya!!

Kami tunggu tulisan Sobat hadir di blog ini. HIDUP MI!!

Sumber: Ramohot Tutorial (www.ramohot.id). supported by: www.abduhm7.com

Related Posts:

0 Response to "Cara menulis artikel di Blogger"

Posting Komentar

Statistik Blog

Gambar tema oleh selensergen. Diberdayakan oleh Blogger.

Site Links

www.abduhm7.com